5 Buah yang Bermanfaat Mencegah Kanker

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, Penyakit kanker merupakan penyakit yang ditandai oleh kelainan siklus sel yang mengakibatkan sel tumbuh berlebihan tak terkendali. Sel ini menyerang jaringan biologis dan bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik yaitu sistem untuk mengedarkan getah bening pada tubuh manusia.

Tahukah sobat sehat? Di negara-negara berkembang kanker menjadi salah satu pembunuh nomor satu. Berbagai cara terus dikembangkan oleh pakar medis untuk mengobati kanker. Penyakit kanker dapat dirawat bahkan disembuhkan jika diketahui sejak dini. Salah satu cara pencegahan agar kanker tidak mampir ke tubuh kita adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan anti kanker.

Berikut penjelasan tentang buah yang dapat mencegah penyakit kanker :

1. Blueberry
Ekstrak buah biru ini sudah sejak lama terbukti secara alamiah dapat memperlambat pertumbuhan kanker seperti pada kanker leher rahim dan kanker payudara. Hal ini dikarenakan blueberry mengandung antioksidan, bahkan kadarnya yang paling tinggi diantara buah-buahan yang lainnya. Dalam mengkonsumsinya blueberry tidak hanya bisa dimakan begitu saja, dibuat jus, selai atau sebagai perasa yoghurt juga tidak jadi masalah karena tidak akan mengurangi kandungan di dalamnya.

2. Persik
Buah ini mengandung pelifenol dan antioksidan yang hampir setara dengan blueberry sehingga dapat juga memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain dimakan utuh, buah persik dapat menjadi olahan jus, manisan atau juga diambil ekstraknya untuk dibuat sebagai obat.

3. Buah Naga
Buah ini terdiri dari 2 jenis yaitu buah naga yang berwarna putih dan buah naga berwarna merah. Buah ini mempunyai serat yang dapat mencegah terjadinya kanker usus, kencing manis dan juga diet. Dalam pengobatannya buah naga biasa dikonsumsi dalam bentuk buah segar, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan jus maupun salad buah.

4. Apel
Buah apel juga bisa menjadi pencegah terjadinya sel kanker. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam buah apel mampu mencegah dan mengobati sel-sel kanker pada usus dan hati pada manusia. Semakin kuat ekstrak apel yang dikonsumsi maka semakin lambat pula sel-sel kanker yang diproduksi. Buah apel terasa manfaatnya secara maksimal jika dikonsumsi dengan kulitnya karena mengandung antioksidan fitokimiawi. Apel juga mengandung butyric acid yang baik untuk mencegah sel kanker usus besar.

5. Sirsak
Belakangan ini buah sirsak banyak dibicarakan sebagai bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati kanker. Pada tahun 1976, National Cancer Institute menemukan bahwa senyawa aktif yang terdapat pada daun, batang serta ranting sirsak dapat menyerang dan melumpuhkan sel kanker. Menurut penelitian yang telah dipublikasikan, senyawa annonaceous acetogenins mampu membedakan sel normal dan sel kanker sehingga hanya membasmi sel kankernya saja. Lebih hebatnya lagi sel kanker yang sudah kebal dengan obat-obatan mampu dilumpuhkan.

Konsumsilah buah-buahan yang telah disebutkan di atas. Walapun sobat sehat tidak terkena kanker tidak ada salahnya jika tetap mengkonsumsinya. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Semoga artikel tentang 5 Buah yang Bermanfaat Mencegah Kanker dapat bermanfaat bagi sobat sehat.

Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔