Bahan-Bahan Alami Untuk Mengatasi Pegal Linu

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, salah satu penyakit yang sering diderita hampir semua orang terutama yang sudah dewasa adalah pegal linu. Pegal linu sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Tahukah sobat sehat? Penyakit ini terjadi akibat kekakuan pada otot terutama pada orang yang sering duduk, mengangkat beban terlalu berat, kurang olahraga, salah posisi dalam melakukan aktivitas tubuh dan akibat ketegangan emosi. Rasa pegal ini bisa menyerang daerah leher, punggung, lengan, kaki dan pundak. 

Pegal linu selama ini tidak dianggap menjadi masalah yang berbahaya. Namun, akan mengganggu aktivitas sehari-hari jika pegal linu menyerang. Pada umumnya pegal linu diobati dengan menggunakan obat oles yang ada di pasaran maupun dipijat agar pegel linu menghilang. Namun, ternyata terdapat bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di kehidupan sehari-hari yang dapat dijadikan obat pegel linu. Yuk kita simak bersama.


1. Susu

Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi susu setiap hari dapat membuat badan gemuk. Namun, ternyata mengkonsumsi susu murni dengan takaran yang sesuai setiap hari bisa membuat sobat sehat langsing. Kandungan yang terdapat pada susu sangat banyak diantaranya :
  • Vitamin B12 yang berguna untuk pembentukan sel darah merah, 
  • karbohidrat untuk energi optimal, 
  • fosfor untuk menyimpan dan mengeluarkan energi, 
  • kalium untuk sistem syaraf yang baik, 
  • protein untuk pertumbuhan dan proses penyembuhan, 
  • riboflavin untuk kesehatan kulit, 
  • zinc untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, 
  • magnesium untuk pembentukan otot, 
  • kalsium untuk menjegah sakit otot
Jika sobat sehat mengalami pegel linu sebaiknya mengkonsumsi susu sebanyak 2 gelas setiap hari karena kandungan kalsium sekaligus magnesiumnya sangat berguna bagi otot dan membuat otot sobat sehat yang tadinya tegang menjadi rileks sehingga merangsang rasa kantuk di malam hari serta bisa membuat tidur pulas. 

2. Minyak Cengkeh
Banyak manfaat yang dapat dirasakan dari tanaman tradisional ini seperti dalam industri farmasi, sebagai masakan, aromaterapi bahkan digunakan untuk penghilang rasa sakit. Tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis ini dapat digunakan untuk menghasilkan minyak yang dapat dipergunakan untuk mengurangi rasa sakit atau pegel linu. 

Banyak sekali kandungan nutrisi yang ada dalam cengkeh diantaranya zat manganese, asam lemak omega 3, magnesium, serat, zat besi, potasium, vitamin C, vitamin K dan juga kalsium. Minyak ini biasanya dihasilkan dari daun cengkeh yang sudah tua kemudian disuling.

3. Pisang
Buah pisang merupakan buah yang mudah didapatkan dimana saja. Buah ini biasa dikonsumsi secara langsung, dibakar, digoreng, diblender untuk dibuat smooties, serta untuk dijadikan bahan pembuatan roti. Pisang memiliki rasa yang manis, tekstur yang lembut dan buahnya bisa dimakan semua. Kandungan yang terdapat dalam pisang misalnya kalium, asam folat, vitamin B kompleks, vitamin C, magnesium zat besi, kalsium, nitrogen dan fosfor yang berguna untuk membangun dan memperbaiki jaringan serta potasium yang berguna untuk mengurangi ketegangan dalam otot. Karenanya tak heran buah pisang dapat dijadikan untuk meredakan pegel linu. 

4. Daun Rosemary
Daun rempah ini memang sudah dikenal menjadi pertolongan pertama pada saat pegal linu. Rempah ini juga disebut dengan embun laut, bentuk daunnya yang seperti jarum dan bunganya yang berwarna ungu. Sekilas daun rosemary seperti daun cemara jarum dan jika diremas akan mengeluarkan bau yang harum yang menguap. Memiliki daun yang berbatang keras, rosemary biasa ditemukan di pasar swalayan yang dikemas dalam kotak plastik. 

Daun rosemary memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kita seperti antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan mengatasi anti tumor serta anti kanker, serta mempunyai antiperadangan yang dapat meredakan sakit pada otot. Cara pemanfaatannya adalah dengan cara rendam rosemary dengan air mendidih kemudian siramkan ke bagian yang sakit. Lakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.


Pegal linu memang sangat mengganggu jika dibiarkan begitu saja, karena aktivitas sehari-hari akan terhambat akibat merasakan otot yang kaku. Semoga artikel tentang Bahan-Bahan Alami Untuk Mengatasi Pegal Linu dapat bermanfaat bagi sobat sehat.


Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔