Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, siapa yang tidak menyukai bunga? sebagian besar pasti menyukai bunga karena keindahannya yang menyejukkan mata yang memandang. Bunga biasanya diidentikan sebagai simbol keindahan, kemewahan, kecantikan, keceriaan, kebahagiaan serta rasa cinta. 

Tahukah sobat sehat? bunga selalu melambangkan sesuatu yang positif. Bunga merupakan struktur reproduksi pada tumbuhan berbunga yang disebut Divisio Magnoliophyta. Pada bunga terdapat organ reproduksi berupa benang sari dan putik. Dalam kehidupan botani bunga dibagi menjadi dua yaitu bunga majemuk yang berarti kumpulan bunga-bunga yang terdapat dalam 1 karangan dan bunga satuan.

Bunga tidak hanya untuk dinikmati keindahannya saja. Namun, bunga bisa memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Apa sajakah itu sobat sehat? yuk kita baca seterusnya :

1. Bunga Mawar
Bunga mawar adalah tanaman semak dari genus Rosa L yang terdiri dari 100 spesies yang biasa tumbuh di daerah yang sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan semak berduri dengan panjang daun 5-15 cm. Bunga majemuk di tiap tangkai biasanya terdiri dari 3-13 daun. 

Ternyata mawar dikenal sebagai bahan alami dan dikonsumsi dalam bentuk minuman untuk mengobati hati, empedu dan usus. Selain itu aroma 1 buket bunga dapat meningkatkan suasana hati. Manfaat dari bunga mawar ini yaitu memiliki anti deeppresant, antiviral, antibakteri, antiperadangan dan sumber vitamin C. Minyak mawar merupakan salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga bisa dijadikan parfum untuk mengurangi bau badan. Mawar juga bisa dijadikan teh dan selai.

2. Bunga Marigold 
Bibit bunga dari marigold memiliki bentuk panjang seperti padi yang ada di bagian tengah bunga marigold. Setiap bibit bunga yang sudah besar akan berwarna coklat. Bibit-bibit bunga marigold yang sudah tua akan jatuh dan terbawa angin kemudian akan tumbuh dengan sendirinya.

Bunga ini memiliki warna kuning yang menyala. Dalam pertumbuhannya bunga marigold memerlukan tanah yang subur dan sinar matahari yang cukup. Ketika bunga ini mekar akan ada kupu-kupu yang menghinggapinya. Kelopak bunga marigold dapat digunakan untuk obat tetes mata. Selain itu bunga marigold digunakan sebagai salep luka. Bunga ini memiliki kandungan antiseptik dan anti jamur.

3. Bunga Dandelion
Bunga ini terkenal dengan warna kuningnya yang merekah dengan indah. Bunga ini tumbuh secara liar. Cairan dandelion dapat membantu mengobati anemia, penyakit hati, ginjal dan penyakit kuning. Bunga ini juga dipercaya dalam kontribusinya untuk diet dan gizi karena mengandung vitamin A dan kalium. 

Kandungan dari bunga dandelion lebih banyak dibandingkan yang terdapat pada brokoli. Bunga ini juga mengandung potasium, sodium, kalsium, fosfor dan zat besi. Rasa pahit yang ada pada bunga ini dapat digunakan untuk pencernaan. Ternyata bunga ini juga bisa meningkatkan produksi ASI.

4. Bunga Matahari
Bunga matahari memiliki nama latin yaitu Helianthus Annuus L. Bunga ini bermanfaat pada kesehatan yang berhubungan dengan pernapasan. Bagian daun pada bunga matahari dapat mengobati batuk, bronkhitis, asma serta batuk bercak. Selain itu bunga matahari dapat menyembuhkan luka dan infeksi. Bunga ini juga dapat digunakan penyakit jantung dan syaraf. Bagian yang digunakan adalah minyaknya. 

5. Bunga Sedap Malam
Penyakit yang bisa diobati dengan bunga ini adalah penyakit katarak. Caranya adalah dengan merebus 50 kuntum bunga sedap malam dengan air sebanyak 1500 cc hingga mendidih. Kemudian gunakan sisa airnya untuk mencuci mata. Bunga ini bisa juga untuk menyembuhkan bisul atau bengkak. Selain itu bisa juga digunakan untuk meningkatkan stamina tubuh, bau mulut, radang tenggorokkan, dll.

Ternyata bunga memiliki manfaat yang luar biasa, tidak hanya cantik tetapi berkhasiat untuk tubuh manusia. Tuhan menciptakan alam ini dengan segala manfaatnya. Oleh karena itu tugas kita sebagai manusia untuk menjaganya agar tetap terasa manfaatnya. Semoga artikel tentang Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia dapat bermanfaat bagi sobat sehat.

Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔